gusTALKS |Journey, Review, Blogging and Information Technologie

Antara Nama, Gengsi dan Makna

sebagian orang bilang, apa arti sebuah nama. sebagian lagi penting banget tuch nama. emang klo dipikir2 penting, pasalnya mereka yang punya nama asal2an muncul rasa gengsi. apalagi jaman sekarang, lebih2 kawula mudanya. banyak kok disekeliling kita namanya bagus2 hanya gara2 panggilannya ngga sesuai ama yang diinginkan jdnya malu. aku punya temen, panggil aja Utami, aku panggil tam ato tami nggak mau, dia bilang ndeso. padahal kita semua kan berasal dari ndeso tho....(kayak blogku dong). ternyata temenku mintanya dipanggil uta, lebih keliatan gmana gitu...ono2 wae.


ya itulah sebagian potret anak2 sekarang, segala sesuatu maunya yang serba bagus, padahal klo mereka faham akan makna nama, alangkah indahnya orang tua kita memberikan nama sama kita. saya yakin orang tua manapun pengen memberikan yang terbaik buat buah hatinya, namun si anak kadang tidak faham dengan maksudnya. nah tugas kita nich yang muda2 untuk banyak belajar memahami keinginan dan harapan orangtua kita. balik lagi ke nama, kadang orangtua kita memberikan nama melihat kejadian2 terkini atau murni memberikan nama sesuai dibuku2 yang banyak dijual di toko buku saat ini yang penting artinya bagus. contoh ada orangtua yang ngefans berat sama artis akhirnya si anak diberi nama sesuai nama artis idolanya. trus ada lagi ssat ibunya mengandung kebetulan pas hari2 peringatan, contoh HUT kemerdekaan, sianak lantas diberi nama Merdeka.......
apapun nama yang diberikan pada kita ortu pasti udah mikir mateng2, apalagi nama anak2 sekarang bagus2 banget...salut buat orangtua mereka.....

Baca Juga Tulisan Terkait:


6 komentar:

Bunda Rierie mengatakan...

bener, kadang-kadang bunda heran kalo lihat nama2 aneh..seperti lembu, gajah atau temen bunda namanya mendung..jadi kepengen tau apa alasannya ya?

eeda mengatakan...

Tren pemberian nama anak dari jaman ke jaman menurut pendapat saya sudah mengalami pergeseran. Baik dari sisi ortu maupun dari anak. Kalau dulu pertimbangannya kan simplicity (contoh; Sumanto, Paijo, Sumarni, dll), sekarang agak lain, mungkin pertimbangannya keunikan dan ke 'wah'an. Maybe ini adalah bentuk dari progres kreatifitas seseorang.

Yopan Prihadi mengatakan...

Arti sebuah nama tidak lebih dari sekedar identitas.
Makna nama yang lebih jauh lagi adalah bahasa hati..
Coba kita rasakan sendiri ketika seseorang menyebut nama kita yg sebelumnya kita tidak pernah kenal..
Misalnya Hallo Mas Wirut..Hallo Bunda Rierie..Halo Mba Eeda..
Seperti itulah adanya..."Nama adalah bahasa hati".
Makasih sharingnya ya' salam kenal dari saya mas Wirut.

Anna 'dTeepZ mengatakan...

merubah panggilan kan bukan berarti merubah nama dan essensi nama kita bro....menurut aq sih sah2 ajah kalo cuma panggilan doang

Yang heran tuh kadang para selebritas itu, knapa merubah nama dianggap membawa hoki....padahal awalnya kan nama mereka juga dari orang tua yang memberikan lebih banyak hoki.....duh koq nggosip yah

Luangkan waktu 0,5 menit dengan meng-KLIK DIGG!yang terletak dibawah judul posting. Agar artikel ini dibaca mayarakat blogsphere lainnya. Terimakasih atas partisipasi dalam program pencerahan masyarakat blogsphere

Posting Komentar

© 2008 Design: gusTALKS © Support:major seo and socialsbookmark
+Talking about journey,inspiring and blogging+